INFO BIDIKMISI 2014
Bidikmisi adalah program
bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai
tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang
mampu secara ekonomi.
Bidikmisi
merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan
pada tahun 2010. Perguruan tinggi yang mendapat bantuan Bidikmisi yaitu
perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian
Agama.
Buat
yang lagi mencari informasi pendaftara bidik misi Room Berbagi informasi
Sahre kan Tata cara Pendaftaran Bidk misi Selain terdapat syarat pendaftaran
bidik misi, ada pula sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan Tata
Cara pendaftaran Bidik Misi. Tatat cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi
adalah sebagai beriku :
PENDAFTARAN
BIDIKMISI
:
Tahapan
pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut :
- Sekolah
melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar
dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
- Sekolah akan
mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada
hari dan jam kerja.
- Sekolah
menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada
laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
- Sekolah mengisi
data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar
siswa yang akan lulus dan sudah lulus dan merekomendasikan yang memenuhi
persyaratan program Bidikmisi
- Siswa mendaftar
bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login
dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
- Siswa yang sudah
sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta
dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk
- Persiapan
dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program
Bidikmisi.
- Kartu dan
formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian
nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
- Surat keterangan
miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses
terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh
masyarakat.
- Surat keterangan
gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua
(khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata
pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
- Fotokopi tagihan
listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada
untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai
bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
- Bukti bukti
prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang
mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
- Surat keterangan
/ dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang
pendidikan sebelumnya.
- Fotokopi raport
/ laporan hasil studi dari semester 1
Semua
dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat
pendaftaran ulang mahasiswa.
Hal
ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.
PENDAFTARAN
SELEKSI MASUK
Seusai
mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi.
Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar
Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing
masing seleksi tersebut.
MENGIKUTI
SELEKSI MASUK
Peserta
yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing
seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang
dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi
PENDAFTARAN
ULANG PROGRAM BIDIKMISI
Peserta
yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen
yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi.
keren bak mksh infonya....
BalasHapusnice Post :)
Hapusterimakasih... mau ikut BM kga? do you want take a bidikmisi?.... :D
BalasHapus